Sunday, December 24, 2006

Ikhwan dan Akhwat

Istilah "ikhwan" dan "akhwat" sering digunakan untuk merujuk seseorang yang suka ikut kajian Islam. Apakah artinya dan bagaimana penggunaannya?

Dalam Bahasa Arab "ikhwan" adalah bentuk jamak dari "akh" yang berarti saudara laki-laki sedangkan "akhwat" adalah bentuk jamak dari "ukht" yang berarti saudara perempuan.

Tidak tepat jika dianggap kedua ungkapan ini hanya untuk mereka yang suka ikut kajian Islam. Karena kedua ungkapan tersebut selayaknya digunakan untuk setiap muslim dan muslimah sesuai dengan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala (yang artinya):

"Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat." (QS. al-Hujuraat 49:10)

Ikatan persaudaraan di atas Islam lebih kuat daripada ikatan darah. Dengan ikatan persaudaraan itu kita saling mengajak kepada kebaikan dan menjauhkan dari keburukan. Sikap lemah lembut atau tegas terhadap sesama muslim dilandasi atas cinta dan kasih sayang karena sepatutnya kita cinta kepada keimanan dan benci kepada kekafiran.

Allah 'Azza wa Jalla berfirman (yang artinya):

"Dan ketahuilah olehmu bahwa di kalangan kamu ada Rasulullah. Kalau ia menuruti (kemauan) kamu dalam beberapa urusan benar-benarlah kamu akan mendapat kesusahan tetapi Allah menjadikan kamu cinta kepada keimanan dan menjadikan iman itu indah dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus," (QS. al-Hujuraat 49:7)

Allahu Ta'ala a'lam.

No comments: